Disini kalian akan mempelajari berbagai macam pelajaran

Komputer - Komponen CPU


1.MOTHER BOARD

Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

2.POWER SUPLY

Sebagai konversi input listrik AC menjadi DC, memberikan arus listrik / tegangan DC yang sesuai dengan yang dibutuhkan, dapat menghasilkan arus listrik DC yang lebih merata, dapat mengendalikan arus listrik / tegangan agar tetap terjaga tetapi tergantung beban daya, dan perubahan kenaikan temperature kerja juga toleransi perubahan tegangan daya input, mencegah naiknya tegangan listrik (jika terjadi).

3 CASSING CPU
berfungsi menutupi bagian dalam peralatan ini,sehingga terlihat rapi.Selain itu sebagai bagian paling luar CPU,casing juga memiliki fungsi sebagai tempat menempelnya aneka gadget untuk kelengkapan komputer kita

4 FDD

merupakan memori eksternal yang memiliki fungsi hampir sama dengan harddisk drive yaitu menyimpan data dan informasi.

5 HDD
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.

6. RAM
Fungsi RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara semua data yang diproses sepanjang penggunaan computer. RAM menyimpan memori secara acak tidak peduli dari mana data berasal. Setelah computer dimatikan, data pada RAM akan terhapus bersih. RAM berpengaruh terhadap kecepatan komputer meng-generate data dan program.

7.ROM
Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware. Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada saat sebuah komputer dinyalakan, BIOS tersebut dapat langsung dieksekusi dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpan lebih dahulu seperti yang umum terjadi pada alat penyimpan lain selain ROM.

8.PROCESSOR
Fungsi Processor adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama (main memory) dengan cara mengambil instruksi, menguji instruksi tersebut, dan menjalankaninstruksi satu demi satu atau fungsinya adalah menghitung, melakukan operasi logika, mengelola aliran data dengan membaca aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya.

9.CD/DVD DRIVE
digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R

10 LAN CARD
LAN Card itu, soket untuk memasang kabel LAN yang fungsinya untuk menyambungkahn PC ke perangkat lain utamanya PC juga. Baik langsung (peer to peer) atau melalui switch hub .

11 VGA CARD
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi
tampilan grafik di layar monitor.

12.SOUND CARD
mampu mengolah dan menghasilkan suara

13 CONNECTOR
menghubungkan kabel dengan komputer , untuk jaringan komputer dikenal dengan Istilah RJ45 yang merupakan konektor standar untuk kabel Ethernet Categori 5, serta biasanya digunakan untuk Kabel UTP

14 CMOS Battery
kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi)

15.FAN
Fungsi 1. Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF. 2. Prosesor tidak akan berfungsi jika tidak ada heatsink fan di atasnya. 3. Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu turun

16 USB PORT
Sebagai konektor atau penghubung flash disk/USB drive ke dalam computer



















Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Komputer - Komponen CPU"

Ayo berkomentar !

Back To Top