Disini kalian akan mempelajari berbagai macam pelajaran

Kewarganegaraan - Budaya Politik di Indonesia

BUDAYA POLITIK DI INDONESIA    
Oleh : Ari Tri wibowo

   Budaya politik di Indonesia merupakan perwujudan nilai nilai yang dianut oleh masyarakat Indonesia yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan kegiatan polituk kenegaraan.
   Setelah era reformasi memang orang menyebut Indonesia telah menggunakan budaya
Politik partisipan karena telah bebasnya Demokrasi, partisipatifnya masyarakat dan tidak tunduk akan keputusan atau kinerja pemerintah baru aetika . perlu diketahui ketika era orde baru Demokrasi dikekang. Segala bentuk media dikontrol/diawasi oleh pemerintah lewat Departemen Penerangan supaya tidak mempublikasikan kebobrokan pemerintah.
   Menurut saya budaya politik Indonesia selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Tetapi berubahnya itu hanya terjadi pada daerah perkotaan dan pedesaan yang telah maju tetapi pada daerah-daerah terpencil itu tidak terjadi perubahan karena kurangnya pendidikan dan informasi
    Menurut saya budaya Politik Indonesia saat ini adalah Campuran dari Parokial, Kaula, dan Partisipan , dari segi budaya Politik Partisipan , Semua cirri- cirinya telah terjadi di Indonesia dan cirri-ciri budaya politik Parokial juga ada yang memenuhi yaitu  seperti berlangsungnya pada masyarakat tradisional dan pada budaya politik kaula ada yang memenuhi seperti warga menyadari sepenuhnya otoritas pemerintah.  

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Kewarganegaraan - Budaya Politik di Indonesia"

Ayo berkomentar !

Back To Top